Call us for any questions

+6285156181489

  • 05 June 2022
  • Admin
  • Planning

Meniran Merah Untuk Solusi Kesehatan Tubuh

Meniran Merah Untuk Solusi Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang tidak menganggap tanaman ini penting, bahkan ketika tumbuh dimana saja, tanaman ini sering dibuang karena dianggap menjijikkan dipandang mata. Padahal, tanpa disadari, banyak sekali manfaat meniran merah. Bekas luka merah biasanya tersebar di berbagai tempat.

Bekas luka merah ini dapat ditemukan di peternakan, pinggir jalan, dekat tempat pembuangan sampah dan lain-lain. Sebaran meniran merah terdapat di semua daerah tropis, mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Pada dasarnya masih banyak manfaat menir merah yang belum Anda ketahui, hal inilah yang membuatnya selalu bersih.

Fitur Meniran Merah
Sekilas meniran merah menyerupai pohon katu, bentuknya seperti bergelantungan di dahan. Bekas luka merah tumbuh liar seperti pohon gulma lainnya seperti di semak-semak, ciri khas bekas luka merah adalah daunnya tersusun rapi. Selain itu, meniran merah memiliki sirip yang genap seperti petai cina, dan berbentuk lonjong.

Ukuran meniran merah relatif kecil, sedangkan permukaan bawah meniran merah memiliki bintik-bintik dan kelenjar. Ciri lain meniran merah adalah besar di ujung dan kecil di tangkai daun. Menir merah juga akan tertutup pada malam hari, tetapi pada siang hari akan terbuka.

Anda dapat menemukan menir merah ketika tingginya 30 hingga 40 sentimeter. Batang meniran merah cukup lunak dan memiliki cabang yang tersebar. Meniran merah memiliki bunga betina di pangkal daun, sedangkan bunga jantan di ujung daun. Di sana, Anda akan menemukan 2 hingga 3 bunga.

Buah meniran merah sendiri memiliki bentuk seperti klep dan licin. Ukuran buah meniran merah hampir sama dengan ukuran beras dengan diameter 0,2 hingga 0,25. Ciri-ciri meniran merah selanjutnya adalah batangnya berwarna merah, ketika matang sari bunganya akan menyembur berbentuk mendatar.

Banyak orang mengira bahwa menir merah sama dengan menir hijau. Sebenarnya untuk meniran hijau, buah yang matang sedikit berbeda, serbuk sari bunganya nanti akan pecah dalam bentuk memanjang. Jika sudah mengetahui apa saja ciri-ciri beras merah, ketahui juga manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh.

Manfaat cabai merah yang pertama untuk kesehatan tubuh adalah menurunkan asam urat. Secara alami asam urat bisa terjadi pada siapa saja. Namun jika penimbunan ini berlanjut, asam urat akan membentuk kristal pada persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri dan bengkak pada persendian. Tidak hanya di persendian, kristal juga bisa terbentuk di ginjal.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, tentunya fungsi ginjal akan menurun dan memicu terjadinya batu ginjal di saluran kemih. Sebagai penawarnya, Anda bisa menggunakan daun meniran merah. Daun meniran merah mengandung ion K, dengan kandungan ini dapat menyembuhkan penyakit ureter dan batu empedu, selain itu flavonoid dapat menurunkan asam urat.

Kedua, mengurangi risiko hipertensi. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang bisa muncul secara tiba-tiba, bahkan sulit untuk didiagnosis. Jika Anda telah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, lebih baik mengurangi garam. Selain itu, agar tekanan darah Anda kembali normal, Anda bisa menggunakan meniran merah.

Ketiga, mengobati gatal. Kulit sensitif seringkali memicu rasa tidak nyaman dan gatal. Rasa gatal sebenarnya merupakan reaksi tubuh yang normal, namun jika rasa gatal tersebut sangat berlebihan dan mengganggu aktivitas, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan meniran merah. Meniran merah mengandung phyllanthin yang dapat menekan pertumbuhan jamur pada kulit. Keempat, mengoptimalkan daya tahan tubuh. Meniran merah memiliki kandungan flavonoid yang sama seperti pada jeruk dan alpukat. Zat ini berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Meniran merah juga memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara lebih optimal.

Manfaat Meniran Merah untuk Kesehatan Tubuh
Meniran merah baik digunakan untuk menunjang kesehatan tubuh, namun Anda juga perlu memperhatikan dosisnya. Jangan terlalu bernafsu untuk mengonsumsi ramuan ini, mengonsumsi meniran merah menjadi tidak tepat seperti mengonsumsi terlalu banyak setiap hari.

Misalnya untuk menurunkan tekanan darah, Anda hanya perlu meminum rebusan daun meniran merah 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, hindari meminumnya beberapa kali dalam sehari. Hal ini karena dapat membuat tekanan darah menjadi kurang normal karena terlalu rendah.

Tidak hanya itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter. Apakah Anda diperbolehkan memakan maniran merah ini atau tidak. Selain itu, apakah konsumsi meniran merah akan berpengaruh pada tubuh atau tidak jika dikonsumsi dengan obat-obatan kimia.

 
 

 

 

PT Heksatamprima